Kehamilan Kembar – Salah Satu Kantong Janinku Kosong

Kehamilan kembar yang tak terduga

Usiaku 32 tahun saat menjalani kehamilan anak kedua. Sesungguhnya, ini adalah kehamilan ketiga. Aku mengalami keguguran pada kehamilan kedua. Selang 7 bulan setelah keguguran, aku hamil untuk ketiga-kalinya.
Artikel Populer lainnya : Alasan Kenapa Bercinta Saat Hamil Baik untuk Kesehatan
Tidak ada yang aneh pada kehamilan kali ini. Semua berlangsung normal dan baik-baik saja. Berat badanku selama kehamilan bertambah dengan berat yang wajar.

Sedikit lebih lebar dari kehamilan pertama, tapi kurasa, hal itu wajar terjadi. Aku pun rutin memeriksakan diri di RS. Hermina Jatinegara dan mengikuti perkembangan janin melalui USG.

Anehnya, ketika usia kehamilanku memasuki akhir trisemester kedua, dokter yang memeriksaku terkejut. Berulang kali ia memeriksa kandunganku, hingga akhirnya ia mengungkapkan keheranannya. Aku dinyatakan mengalami kehamilan kembar.

Kehamilan kembar? Bagaimana mungkin aku bisa hamil kembar setelah melalui sekian bulan pemeriksaan dengan USG, dan meyakini hanya ada satu janin dalam kandunganku.

Namun nyatanya second opinion yang kulakukan menunjukkan hasil yang sama. Masih di RS Hermina, khusus pemeriksaan fetomaternal, dr. Djunaedi S Endjun, memperlihatkan kondisi rahimku yang sebenarnya.

Dengan menggunakan USG 4 dimensi yang berwarna, aku melihat memang ada dua kantong dalam rahimku. Hanya saja satu kantong berisi janin dan satu kantong lainnya kosong, berukuran besar dan kecil. Masing-masing kantong tersambung dengan plasenta.

Sempat terpikir, akan sangat menyenangkan tentunya bila aku mengalami kehamilan kembar. Membayangkan serunya memiliki anak kembar, meskipun bukan kembar identik.

Kelahiran kembar bukanlah hal yang aneh dalam keluarga kami, baik dari pihakku maupun suami, sama-sama memiliki riwayat kembar.

Namun, aku sudah merasa pesimis ketika dokter mengatakan salah satu kantong rahim ternyata kosong. Kejadian seperti ini bukanlah hal yang biasa terjadi, melainkan tergolong langka.
Mengapa salah satu janinku kosong?

Menurut dokter, ketika terjadi pembuahan, ada 2 sperma yang berhasil masuk ke rahim di mana ada 2 sel telur yang menunggu.

Hanya saja, perkembangannya tidak sama namun dengan komposisi perkembangan 80% dan 20%. Sebab, janin yang satu berkembang dengan baik, sementara janin yang lain menghilang dengan sendirinya.
Aku tak bisa berbuat lain kecuali bersyukur, meski pun tidak jadi memiliki anak kembar, namun perkembangan janin yang ada amat baik.

Kehamilan kembar ini juga menyebabkan aku harus  menjalani operasi caesar saat melahirkan, yaitu  posisi bayi yang melintang akibat terhalang dua plasenta.

Satu plasenta berada di bagian atas dan satu di bagian bawah (plasenta previa) sehingga bayi kesulitan mengubah posisi tubuhnya.

Kemudian, bayi cantik yang lahir dengan bobot 3,010 gram itu kemudian kami beri nama : Winih Kilaregina Citraningati.


Kami berharap semoga ia menjadi benih yang cantik dan citranya ada di hati. Kini, Kila telah tumbuh menjadi gadis cilik yang menggemaskan bersama seorang kakak dan seorang adik yang tak kalah lucunya.

Kisah di atas merupakan kisah nyata yang dialami oleh Lottati Mulyani, wanita energik yang berprofesi sebagai penulis skenario dan konsultan Oriflame.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kehamilan Kembar – Salah Satu Kantong Janinku Kosong"

Posting Komentar